Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Curug Cigentis Karawang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Curug Cigentis Harga Tiket: Rp20.000 Jam Buka: 07.00-17.00 No. Telepon: - Alamat: Mekarbuana, Tegalwaru, Karawang, Jawa Barat, Indonesia, 41362.

Curug Cigentis - Karawang memang identik sebagai kota yang padat dengan berbagai aktivitas industri. Namun dibalik semua itu, Karang ternyata menyimpan keindahan alam yang cukup indah. salah satunya yaitu Curug Cigentis yang berada di dekat Gunung Sanggabuana.

Curug Cigentis sendiri adalah tempat wisata di Karawang yang selalu ramai oleh wisatawan dan menjadi pilihan wisata bagi warga sekitar. Curug ini memiliki kejernihan dan kesegaran air terjun yang bersumber dari mata air pegunungan.

Curug Cigentis Karawang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Wisata Curug Cigentis Karawang (Image Source: Instagram)
Tempat ini juga sangat cocok bagi kamu yang akan menghilangkan penat akibat beban kerja. Kesejukan udara pegunungan dan rimbunya pepohonan yang berada di sekitar curug menjadi hal yang sangat diinginkan oleh beberapa wisatawan.

Baca Juga: Curug Cibaliung Bogor: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Curug Cigentis

Alamat Curug Cigentis berada di Mekarbuana, Tegalwaru, Karawang, Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Cigentis

Jalan menuju Curug Cigentis dapat dijangkau dengan mudah, sehingga wisata karawang ini selalu banyak pengunjung setiap akhir pekan. Wisatawan yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya dapat melalui Depok kemudian menuju Cileungsi dan Jonggol untuk sampai di lokasi wisata.

Sedangkan untuk wisatawan dari arah Bogor dan sekitarnya bisa melewati Cibodas atau bisa melalui Cibadak bagi wisatawan yang ingin dari jalur Utara. Di sepanjang perjalanan kamu akan melewati area sawah milik warga setempat yang sangat sejuk.
Baca Juga: Sumber Maron Malang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Curug Cigentis

Pengunjung yang akan memasuki Kawasan Wisata Curug Cigentis akan dikenakan tiket masuk yang cukup terjangkau. Tiket ini berlaku untuk anak-anak dan orang dewasa. Sedangkan wisatawan yang membawa kendaraan akan dikenakan biaya parkir tersendiri.

TIKET MASUK CURUG CIGENTIS
Harga Tiket Masuk (HTM) Rp 20.000
Parkir Motor Rp 3.000
Parkir Mobil Rp 7.000

NB: Curug Cigentis buka setiap hari Senin - Minggu untuk umum mulai dari pukul 07.00-17.00 WIB.

Fasilitas Curug Cigentis

Kawasan wisata ini dibawah pengelolaan perhutani setempat oleh sebab itu tempat ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Wisatawan dapat menggunakan berbagai fasilitas yang sudah disediakan. Beberapa fasilitas diantaranya sebagai berikut:
  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Warung makan
  • Saung
  • Area camping
  • Penginapan

Daya Tarik Curug Cigentis

Sejarah Curug Cigentis

Curug Cigentis Karawang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Wisata Alam di Karawang (Image Source: Instagram)
Terdapat beberapa kisah atau cerita yang melatarbelakangi kolam renang curug cigentis. Kono, Gunung Sanggabuana yang menjadi lokasi curug ini tidak memiliki mata air. Saat itu, para Wali Songo sedang melakukan dakwah di daerah Cigentis. Mereka dikawal oleh para pengawal Prabu Siliwangi.

Setelah tidak pernah berhenti berdoa, Tiba-tiba muncul mata air dari sebuah batu yang berukuran besar. Mata air itu kemudian membentuk sebuah air terjun yang dikenal hingga sekarang ini. Salah satu pengawal yang bernama Nu Geulis Nyai Gentis, kemudian memiliki nama Air Terjun Cigentis.

Keindahan Air Terjun Cigentis

Curug ini merupakan salah satu curug yang berada di kawasan Gunung Loji dan Gunung Sanggabuana. Oleh sebab itu, wisata cigentis masuk ke dalam kawasan RPH Cigunungsari BPKH Purwakarta.

Air Terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 25 meter dan berada di ketinggian 1000 mdpl. Sehingga wisatawan dapat menikmati kesegaran air terjun dari pegunungan dan udara yang masih sangat asri. Dengan debit yang cukup tinggi, pengunjung juga bisa bermain air di sekitar air terjun.

Berbagai Aktivitas di Sekitar Curug

Curug Cigentis Karawang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Tempat wisata di Karawang Terbaru (Image Source: Instagram)
Wisatawan juga dapat menikmati berbagai keindahan alam sambil bermain atau berenang di curug. Sungai ini memiliki bebatuan yang cukup banyak sehingga dapat digunakan untuk berpijak atau beristirahat. Sambil santai, pengunjung juga bisa berfoto di Jembatan yang bertuliskan " Curug Cigentis".

Wisatawan yang akan bermalam, terdapat fasilitas penginapan yang berada di sekitar curug curug cigentis. Wisatawan bisa memilih Villa atau homestay yang tersedia disini. Namun bagi kamu yang tidak ingin mengeluarkan biaya yang cukup banyak, bisa mendirikan tenda di sekitar curug.

Pesona Alam Sekitar Curug

Sebelum menikmati keindahan curug, wisatawan harus berjalan kaki terlebih dahulu menyusuri jalan yang sudah beraspal. Selain itu, pengunjung akan disambut dengan sawah dan pegunungan yang akan memanjakan mata bagi siapa saja yang melewatinya.

Wisatawan akan menempuh jarak sejauh 300 meter melewati jalan setapak sedikit berbatu. Sepanjang perjalanan, wisatawan akan disambut dengan warung dan kios makanan yang berjajar.

Wisata Dekat Curug Cigentis

Kampung Turis Karawang

Kampus Turis Karawang adalah salah satu tempat wisata keluarga di Karawang yang memiliki banyak tempat bermain. Oleh sebab itu tak heran jika tempat ini selalu dijadikan sebagai tempat gathering atau tempat outbound.

Alamat Kampung Turis Karawang berada di Mekarbuana, Kec. Tegalwaru, Karawang, Jawa Barat.

Curug Bandung Loji Karawang

Curug Bandung adalah salah satu wisata alam yang berada di Karawang. Tempat ini juga berada di kawasan Gunung Sanggabuana sehingga memiliki udara yang sejuk. Curug Bandung sendiri menawarkan pemandangan air terjun dengan ketinggian 25 meter.

Alamat Curug Bandung berada di Mekarbuana, Tegalwaru, Karawang, Jawa Barat.

Berikut diatas artikel dari yanacircle.com tentang wisata curug cigentis karawang.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.