Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Curug Cigumawang Serang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Air Terjun Curug Cigumawang Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Desa Bugel, Padarincang, Serang, Banten, Indonesia, 42618.

Curug Cigumawang - Berbicara soal Banten tentu sudah tidak asing lagi dengan Kabupaten Serang. Daerah ini ternyata menyimpan berbagai tempat wisata yang unik dan modern. Daerah Serang ternyata memiliki tempat wisata alam yang masih asri keberadaanya salah satunya yaitu Curug Cigumawang.

Curug Cigumawang Serang ini menawarkan pesona wisata yang berbeda dari biasanya. Lokasinya yang berada di dalam hutan dengan suasana air terjun yang masih alami. Namun wisatawan harus menyusuri hutan terlebih dahulu untuk sampai di curug ini.

Curug Cigumawang Serang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Destinasi Wisata Alam di Serang (Image Source: Instagram)

Selain memiliki pesona air terjun yang memukau, disini pengunjung juga dapat melakukan berbagai aktivitas salah satunya yaitu susur sungai. Dibawah air terjun terdapat aliran sungai yang cukup panjang dengan bebatuan yang berada di sekitarnya. Airnya juga sangat bersih karena bersumber langsung dari mata air Gunung Buntu.

Baca Juga: Pantai Marina Anyer: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Curug Cigumawang

Alamat Curug Cigumawang berada di Desa Bugel, Padarincang, Serang, Banten.

Rute Menuju Curug Cigumawang

Jalan menuju Curug Cigumawang ini cukup mudah karena akses menuju lokasi air terjun sudah sangat mendukung dengan jalan beraspal yang sudah bagus. Jika kamu sedang berada di Serang, kamu bisa mengarahkan kendaraan menuju Ciomas.

Dari Ciomas kamu bisa menuju pasar Padarincang. Perjalanan akan membutuhkan waktu tempuh selama kurang lebih satu jam dan menempuh jarak sejauh 28 kilometer. Medanya juga sudah dapat dilalui menggunakan kendaraan motor maupun mobil.

Baca Juga: Pantai Pandan Carita: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Curug Cigumawang

Untuk menikmati keindahan tempat wisata di serang yang satu ini pengunjung akan dikenakan tiket masuk. Harga tiketnya juga cukup terjangkau. Sedangkan untuk harga tiketnya berbeda sesuai dengan batasan usia yang sudah ditetapkan.

TIKET MASUK CURUG CIGUMAWANG
Harga Tiket Masuk (Dewasa) Rp 10.000
Harga Tiket Masuk (Anak-Anak) Rp 5.000
Parkir Motor Rp 5.000
Parkir Mobil Rp 10.000

NB: Curug Cigumawang Banten buka setiap hari Senin - Minggu selama 24 jam. 

Fasilitas Curug Cigumawang

Berbicara soal fasilitas, tempat wisata di Banten ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan terawat. Walaupun masih dikelola oleh swadaya masyarakat setempat namun fasilitas tempat ini cukup bagus. Beberapa fasilitas yang ada diantaranya sebagai berikut:
  • Tempat parkir
  • Mushola
  • Gazebo
  • Warung
  • Kamar mandi

Daya Tarik Curug Cigumawang

Sejarah Curug Cigumawang Padarincang

Curug Cigumawang Serang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Air Terjun Cigumawang Banten (Image Source: Instagram)
Menurut cerita masyarakat setempat, pada tahun 70-an para penduduk setempat melihat air yang jatuh dari tebing membentuk seperti bawang. Dalam bahasa Sunda, bawang sendiri berarti Cigumawang. Oleh sebab itu air terjun ini diberi nama dengan Curug Cigumawang.

Air terjun curug Cigumawang padarincang memiliki ketinggian sekitar 40 meter, air terjun ini juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit. Air dari curug ini juga sangat jernih karena bersumber dari mata air Gunung Buntu.

Perjalanan Menuju Lokasi Curug

Tempat wisata alam di Banten ini juga terkenal dengan nuansa petualanganya yang cukup kental. Bagaimana tidak, wisatawan harus berjalan kaki dari tempat parkir melewati hutan. Namun wisatawan tidak perlu khawatir karena rutenya tidak terlalu panjang hanya sekitar 1 kilometer saja.

Kondisi jalur menuju air terjun juga sangat bagus. Disepanjang perjalanan wisatawan dapat melihat pemandangan alam yang begitu mempesona. Suara alam dan kicauan burung akan menambah kesan nuansa alam yang sangat asri. Selain itu, wisatawan juga akan menyeberangi sungai dengan melewati jembatan kayu.

Kesegaran Air Terjun Alami

Curug Cigumawang Serang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Wisata Cigumawang Serang (Image Source: Instagram)
Setelah melakukan perjalanan yang cukup melelahkan, aktivitas yang dapat kamu lakukan yaitu mandi dibawah air terjun. Aliran sungai yang berasal dari mata air Gunung Buntu membuat terasa segar. Air juga sangat jernih dan sangat bersih.

Kedalaman curug ini juga sangat bevariasi, paling dalam hanya sepinggang orang dewasa saja. Selain mandi dibawah air terjun, wisatawan juga dapat berenang di aliran sungainya. Area ini sangat diminati oleh wisatawan karena memiliki air yang tenang.

Aktivitas Alam

Selain untuk berenang, curug ini juga menjadi tempat favorit para wisatawan yang ingin berkemah. Dengan suasana alam yang masih alami dan lokasinya yang berada di area hutan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Bersantai sambil menikmati deburan air akan menjadi hal yang menyenangkan.

Wisata Dekat Curug Cigumawang

Agro Bukit Waruwangi

Agro Bukit Waruwangi merupakan destinasi wisata di Serang yang cukup baru. Sejak pertama kali dibuka, tempat wisata ini selalu ramai oleh wisatawan karena menawarkan panorama alam yang sangat indah dengan fasilitas yang cukup lengkap.

Alamat Agro Bukit Waruwangi berada di Desa Bantarwangi, Kec. Cinangka, Serang, Banten.

Batu Kuwung

Batu Kuwung merupakan pemandian air panas yang selalu dikunjungi oleh wisatawan saat akhir pekan maupun hari libur. Disini wisatawan dapat menikmati sensasi pemandian air panas yang bersumber dari bawah kaki Gunung Karang dengan suhu air mencapai 70 sampai 80 derajat.

Alamat Batu Kuwung berada di Padarincang, Batukuwung, Serang, Banten.

Sekian artikel dari yanacircle.com tentang wisata air terjun curug cigumawang serang banten. 

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.