Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sumber Maron Malang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Sumber Maron Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 07.00-16.00 No. Telepon: - Alamat: Dusun Adi Luwih, Karangsuko, Pagelaran, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65174.

Sumber Maron - Malang memang menjadi pilihan yang sangat tepat untuk menghabiskan waktu luang. Daerah ini terkenal dengan tempat wisata alamnya yang sangat menarik untuk dikunjungi. Salah satu tempat wisata di Malang yang selalu ramai oleh wisatawan yaitu Wisata Sumber Maron.

Sumber Maron sendiri adalah sebuah pemandian dengan sumber mata air alami. Sebelumnya tempat ini digunakan oleh masyarakat setempat untuk berbudidaya tanaman kangkung.

Sumber Maron Malang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Wisata Sumber Maron Malang (Image Source: Instagram)

Namun karena memiliki potensi yang cukup baik, akhirnya sumber mata air ini disulap menjadi salah satu destinasi wisata Malang yang cukup dipertimbangkan untuk dikunjungi.

Baca Juga: Atlantis Land Kenjeran: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Sumber Maron

Alamat Sumber Maron berada di Dusun Adi Luwih, Karangsuko, Pagelaran, Malang, Jawa Timur.

Rute Menuju Sumber Maron

Jalan menuju Sumber Maron jika dari Kota Malang akan membutuhkan waktu perjalanan sekitar satu jam dan menempuh jarak sejauh 28 kilometer. Sedangkan rutenya kamu bisa mengarahkan kendaraan menuju Kecamatan Gondanglegi.

Setelah itu menuju Desa Karangsuko, sekitar 100 meter kamu akan menemukan perempatan jalan. Perempatan lalu belok ke kanan, dan kamu sudah bisa menemukan papan penunjuk arah menuju ke lokasi sumber mata air.
Baca Juga: Air Terjun Sumber Pitu: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Sumber Maron

Wisatawan yang akan menikmati kesegaran dan keindahan wisata alam malang ini akan dikenakan tiket masuk yang sangat murah. Harga tiket akan dibedakan berdasarkan usia, harga tersebut juga belum termasuk dengan parkir kendaraan.

TIKET MASUK SUMBER MARON
Harga Tiket Masuk (Dewasa) Rp 5.000
Harga Tiket Masuk (Anak-Anak) Rp 3.000
Parkir Motor Rp 3.000
Parkir Mobil Rp 5.000

NB:
  • Sumber Maron Malang buka setiap hari Senin - Minggu pada jam 07.00-16.00 WIB.
  • Wajib mematuhui protokol kesehatan.

Fasilitas Sumber Maron

Dengan keindahan alam dan sumber mata air yang alami. Pihak pengelola wisata juga sudah menyediakan fasilitias yang sangat lengkap. Adapun fasilitas yang sudah disediakan diantaranya sebagai berikut:
  • Parkir kendaraan
  • Kamar mandi
  • Ruang ganti
  • Mushola
  • Warung makan

Daya Tarik Sumber Maron

Sejarah Sumber Maron

Sumber Maron Malang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Air Terjun Sumber Maron Malang (Image Source: Instagram)
Penamaan Sumber Maron sendiri terdapat beberapa versi. Versi yang pertama adalah sumber maron malang ini terkait panci yang jatuh ke dalam sungai, dan maron berarti panci. Sedangkan untuk versi yang kedua tempat tersebut memiliki bentuk sebuah maron.

Sumber Maron kemudian diresmikan menjadi tempat wisata pada tahun 2012, dan berubah nama menjadi Taman Wisata Edukatif Sumber Maron. Kemudian pada tahun 2013 memberlakukan tiket masuk sampai sekarang ini.

Wisata Edukatif

Tidak hanya menyuguhkan panorama lama yang indah, tempat ini juga memiliki wisata edukatif. Hal ini karena terdapat sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). Pemabangkit ini sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat sebagai sumber listrik.

Terdapat kurang lebih 4 desa yang menggunakan pembangkit ini. Hal ini juga memberikan edukasi tersendiri bagi wisata yang berkunjung. Selain dapat menikmati keindahan alam, wisatawan juga dapat ilmu pengetahuan baru.

Aktivitas River Tubing

Sumber Maron Malang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
River Tubing Sumber Maron (Image Source: Instagram)
Sungai ini memiliki arus yang cukup deras, sehingga sangat cocok untuk kegiatan river tubing. River Tubing sendiri adalah olahraga atau kegiatan menyusuri sungai dengan menggunakan ban karet. Arus yang deras dan air yang sangat jernih menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Panjang sungai sekitar 500 meter. Sebelum itu, pengunjung diharuskan untuk menyewa ban karet terlebih dahulu. Biaya sewanya juga sangat terjangkau yaitu Rp10.000 per orang. Jadi, pastikan kamu mencoba kegiatan ini saat mengunjungi tempat wisata alam di Malang yang satu ini.

Keindahan Air Terjun

Tempat wisata ini tidak hanya pemandian alami saja, namun juga terdapat air terjun sumber maron dengan ketinggian kurang lebih 6 meter. Karena hanya memiliki tinggi 6 meter, wisatawan dapat dengan mudah untuk bisa naik ke air terjun dengan melewati bebatuan di pinggir air terjun.

Wisata Dekat Sumber Maron Malang

Sumber Sirah 

Sumber Sirah merupakan kolam pemandian yang bersumber dari mata air alami yang sangat jernih dengan pemandangan yang sangat indah. Tempat ini biasanya digunakan oleh wisatawan untuk berenang atau olahraga snorkeling.

Alamat Sumber Sirah berada di Putukrejo, Kec. Gondanglegi, Malang, Jawa Timur.

Milkindo Green Farm

Milkindo Green Farm Kepanjen adalah salah satu wisata edukasi di Malang yang sangat cocok untuk kamu kunjungi bersama keluarga terutama anak-anak. Nantinya wisatawan dapat merasakan aktivitas di lahan yang cukup luas dan asri.

Alamat Milkindo Green Farm berada di Ngempit, Tegalsari, Kec. Kepanjen, Malang, Jawa Timur.

Berikut di atas artikel dari yanacircle.com tentang destinasi wisata alam di Malang.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.