Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tebing Keraton Bandung: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Tebing Keraton Harga Tiket: Rp12.000 Jam Buka: 05.00-18.00 WIB No. Telepon: 0811844996 - Alamat: Lembang, Ciburial, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40198.

Tebing Keraton - Bandung selalu menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Daerah ini tidak pernah sepi oleh wisatawan terutama saat musim liburan. Salah satu tempat wisata bandung yang menawarkan keindahan alam yaitu Tebing Keraton.

Tebing Keraton merupakan wisata alam di Bandung yang berada di ketinggian 1200 mdpl. Dari tebing ini pengunjung dapat melihat pemandangan alam berupa deretan hutan pinus yang menjulang tinggi. Selain itu pengunjung juga bisa melihat keindahan kota Bandung dengan jelas.

Tebing Keraton Bandung: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Tebing Keraton Dago (Image Source: Instagram/_ahal_)

Selain menawarkan keindahan alam yang begitu mempesona, tempat ini juga menyediakan berbagai kegiatan yang cukup menantang. Tidak salah jika tempat ini selalu menjadi destinasi wisata di Lembang yang banyak diminati oleh wisatawan, terutama wisatawan luar daerah.

Baca Juga: Dago Dream Park Bandung: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Tebing Keraton

Alamat Tebing Keraton berada di Lembang, Ciburial, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat.

Rute Menuju Tebing Keraton

Jalan menuju tebing keraton bandung dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan pribadi. Pertama, arahkan kendaraan menuju Taman Hutan Raya Ir. H Djuanda. Setelah memasuki kawasan Taman Hutan Raya, kamu akan melewati perkampungan milik warga.

Tak jauh dari pemukiman warga kamu akan menemukan papan penunjuk arah menuju lokasi wisata. Nah bagi kamu yang berasal dari luar daerah dapat menggunakan bantuan aplikasi penunjuk jalan seperti Google Maps, Waze GPS, dan aplikasi penunjuk jalan lainya.
Baca Juga: Cimory Dairyland Puncak: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Tebing Keraton

Wisatawan yang akan menikmati keindahan alam dari kawasan wisata ini akan dikenakan biaya tiket masuk. Namun kamu tidak perlu khawatir, sebab harga tiket masuknya cukup terjangkau.

TIKET MASUK TEBING KERATON 2022
Harga Tiket Masuk (HTM) Rp 12.000
Biaya Camping Rp 10.000
Parkir Motor Rp 3.000
Parkir Mobil Rp 7.000

NB: Tebing Keraton buka setiap hari Senin - Minggu pada jam 05.00-18.00 WIB.

Fasilitas Tebing Keraton

Pihak pengelola wisata sudah menyediakan fasilitas umum yang dapat digunakan oleh pengunjung. Beberapa fasilitas yang sudah disediakan diantaranya sebagai berikut:
  • Tempat parkir
  • Mushola
  • Kamar mandi
  • Warung makan
  • Spot foto

Daya Tarik Tebing Keraton

Tebing Keraton Bandung: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Wisata Tebing Keraton Lembang (Image Source: Instagram)
Dari atas bukit ini, pengunjung dapat melihat keindahan kota bandung yang begitu memukau. Bentang alam yang eksotik ditambah lagi dengan fasilitas yang sangat mendukung menjadikan wisata ini sebagai salah satu tempat wisata favorit di Bandung.

Berbagai hal dapat kamu lakukan di tempat ini ini, semua akan menambah keseruan bagi pengunjung. 

Keindahan Perbukitan

Tebing Keraton Bandung: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Tebing Keraton Cafe (Image Source: Instagram)
Saat pertama kali sampai di puncak bukit, kamu akan melihat tebing dengan pemandangan alam yang begitu indah. Wisata ini dikelilingi hamparan hutan hijau yang sangat indah, membuat wisatawan terpukau dan sangat disayangkan jika tidak mengabadikan momen di tempat ini dengan berfoto.

Pengunjung bebas bergaya di batu atau pinggir tebing sebelum berfoto. Hasil foto akan lebih bagus, apalagi jika kamu mengunjungi tempat ini saat pagi hari. Biasanya waktu yang bagus untuk menikmati sunrise adalah sehabis subuh. Saat itu juga pengunjung juga bisa melihat kabut tipis putih yang indah.

Panorama Sunrise dan Sunset

Berada di area wisata lembang membuat pengunjung juga dapat melihat pemandangan matahari terbit ataupun tenggelam. Saat pagi hari, pancaran sinar matahari yang berwarna kuning akan berpadu dengan hijaunya alam bandung dan kabut putih yang tipis. 

Sedangkan saat sore hari, pengunjung akan melihat sinar matahari berwarna keemasan dan bisa menjadi latar belakang foto. Waktu yang bagus untuk menikmati sunrise adalah pukul 05.00 sampai 07.00 pagi. Agar hasil lebih bagus, kamu bisa datang saat hari biasa karena pada saat hari libur tempat ini selalu ramai oleh wisatawan.

Camping Area

Pihak pengelola wisata tebing keraton bandung juga menyediakan area camping ground bagi wisatawan yang ingin menginap. Namun sebelum mendirikan tenda, kamu bisa ijin terlebih dahulu ke pihak pengelola wisata. Saat malam hari pengunjung juga bisa melihat lampu-lampu kota yang indah.

Trekking Menuju Bukit

Tebing Keraton Bandung: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Tebing Keraton Sunset (Image Source: Instagram)
Wisatawan yang akan menikmati keindahan alam dari atas bukit keraton, tidak bisa langsung sampai atas. Kendaraan hanya bisa sampai di tempat parkir sebelum naik ke atas bukit. Untuk sampai di atas bukit, pengunjung harus berjalan kaki selama 15 sampai 30 menit.

Disepanjang perjalanan dari tempat parkir menuju puncak tebing, wisatawan akan disambut dengan pemandangan hijau yang sangat menyejukan mata. Suasana akan semakin seru jika kamu mengunjungi tempat wisata alam di bandung ini bersama-sama.

Wisata Dekat Tebing Keraton

Curug Maribaya

Curug Maribaya merupakan salah satu wisata curug di Bandung yang sangat cocok dikunjungi bersama keluarga. Wisata ini menjadi salah satu alternatif bagi kamu yang sedang mencari dengan nuansa alam di Bandung yang masih alami.

Alamat Curug Maribaya berada di Cikondang Lamajang Pandeglang, Cibodas, Kec. Lembang, Bandung, Jawa Barat.

Taman Hutan Raya IR. Juanda

Taman Hutan Raya Juanda atau THR Juanda juga bisa menjadi alternatif liburan anda ketika sedang berada di Bandung. Taman hutan ini menjadi area hutan konservasi yang lokasinya dekat dengan pusat Kota Bandung. Taman ini memiliki luas sekitar 590 hektare yang membentang dari Dago sampai Maribaya Lembang.

Alamat Taman Hutan Raya I.R Juanda berada di Kampung Pakar, Desa Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat.

Sekian artikel dari yanacircle.com tentang wisata tebing keraton bandung.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.