Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membuat Portofolio Online dengan VPS

Tips Membuat Portofolio Online dengan VPS

Portofolio sangat dibutuhkan bagi kamu yang berprofesi sebagai freelancer atau pekerja lepas. Setelah membuat website, kamu juga bisa mengubah website tersebut menjadi portofolio yang menampilkan tentang skill, kemampuan, dan karya-karya yang menarik. Portofolio online dapat membedakan kamu dari pesaing sehingga mempunyai nilai tersendiri yang menjamin kepercayaan calon klien.


Nah pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang cara buat portofolio dan pengertian portofolio


Pengertian Portofolio

Portofolio adalah sebuah media atau penghubung bagi orang lain yang ingin mengetahui informasi skil atau keahlian dari dalam diri kita sendiri. Namun, beberapa orang tidak bisa membuat contoh portofolio yang baik dan benar.


Padahal, jika kamu membuat portofolio dengan benar, informasi yang kamu cantumkan dalam portofolio tersebut akan mudah dipahami oleh orang lain yang membacanya.


Apa itu Portofolio?

Portofolio sendiri berasal dari dua kata yaitu “Port” yang berarti report dan “folio” yang berarti lengkap. Noah jika keduanya digabungkan akan akan menjadi Portofolio. Portofolio sendiri berisikan tentang dokumen pribadi, kelompok, organisasi, lembaga, perusahaan, dan lain-lain yang sudah disusun secara rapi.


Secara umum portofolio memiliki arti kumpulan dari dokumen seseorang yang bertujuan untuk mendokumentasikan suatu proses dalam mencapai tujuan yang sudah direncanakan sebelumnya.


Cara Membuat Portofolio Secara Online dengan VPS


  1. Memilih Nama Domain untuk Web Portfolio

Hal yang pertama kali kamu lakukan untuk membuat portofolio adalah memiliki nama domain kamu sendiri agar bisa menambah nilai jual yang baik karena portofolio merupakan sebuah karya dari dalam diri kita sendiri. Dengan menggunakan nama sendiri kamu dapat memperkenalkan diri kamu sendiri melalui brand kepada calon klien dan visitor.


  1. Memilih Web Hosting

Terdapat beberapa pilihan hosting yang dapat kamu gunakan untuk membuat website portofolio. Namun kamu dapat menggunakan VPS murah sistem cloud yang akan menghemat anggaran kamu dalam membuat portofolio secara online. 


Perlu diingat, karena kamu akan berbagai server dengan pengguna lainnya. Jika suatu saat visitor yang mengunjungi website kamu semakin banyak, maka kamu juga dapat menggunakan pilihan VPS murah sistem cloud yang tentu akan menghemat uang anda dalam membuat portofolio secara online. 


  1. Memilih Platform

Hal yang harus kamu ketahui dalam membuat portofolio adalah tidak perlu menggunakan banyak fitur dalam membuat website portofolio. Kamu cukup menampilkan karya dan skill kamu sehingga bisa memanfaatkan platform yang lebih kompleks agar portofolio kamu dapat mudah dipahami dan dimengerti oleh client.


Platform yang biasa digunakan dalam membuat portofolio yaitu adalah WordPress dengan Landing Page. Bisa dibilang CMS yang satu ini cukup unik karena memiliki kemudahan dalam kustomisasi dan penggunaan. 


  1. Memilih Plugin atau Setup yang akan diGunakan

Meskipun memiliki banyak beberapa opsi CMS, kamu bisa menggunakan Wordpress karena lebih mudah digunakan, dan memiliki fitur yang lengkap dalam melakukan kustomisasi. 


Banyak fitur yang dapat kamu instal dan diaktifkan di portofolio online. Namun beberapa hal yang harus kamu ingat yaitu kamu hanya menampilkan karya yang menarik agar menarik perhatian klien agar mereka menggunakan jasa kamu.


  1. Install Formulir Kontak

Agar dapat memudahkan komunikasi kamu dengan klien atau visitor. kamu bisa menginstal beberapa plugin pilihan yang berisi formulir kontak. Dengan adanya contact form atau formulir kontak, pihak klien dapat menghubungi kamu dengan mudah dan memudahkan anda untuk mendulang kesuksesan.


Terdapat banyak plugin WordPress yang dapat di instal untuk membuat formulir kontak dalam portofolio online. Salah satunya yaitu Contact Form. Plugin ini memiliki opsi yang dapat mengubah tampilan formulir kotan dengan mudah. 


  1. Tambah Bio atau Profil Singkat

Hal terakhir yang perlu kamu lakukan adalah membuat bio atau profil diri kamu secara singkat. Hal ini merupakan faktor yang cukup penting dalam membuat portofolio dengan website. Apabila kamu ingin mendapatkan pekerjaan dari internet, kamu juga harus memberitahukan kepada audience siapa diri kamu. 


Salah satu kunci sukses dalam bisnis online adalah sebuah kepercayaan. Agar banyak orang yang percaya dengan jasa yang kamu tawarkan. kamu harus memiliki hasil karya sendiri.


Nah berikut diatas merupakan artikel tentang Tips Membuat Portofolio Online dengan VPS.