Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Memilih Cat Kayu untuk Furniture

Furniture yang dibuat dengan menggunakan kayu memang lebih banyak disukai oleh sebagian orang. Hal itu karena memiliki tampilan yang indah namun minimalis, desain, vintage, klasih modern. Keawetan kayu juga harus diperhatikan karena dapat bertahan hingga puluhan kayu.

Pemilihan Cat Kayu mungkin banyak yang menggap sepele, namun beberapa orang berpendapat bahwa keindahan dari bahan yang menggunakan kayu adalah waranaya yang menarik.

Cara Memilih Cat Kayu

Lalu apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih cat kayu? Berikut adalah cara memilih cat kayu untuk furniture.

1. Jenis Kayu

Pertama-tama yang harus anda perhatikan yaitu jenis kayu yang digunakan. pasalnya masing-masing kayu memiliki bentuk atau serat yang berbeda-beda. Misalnya saja kayu jati yang memiliki teksture yang cantik. Dengan demikian, kecantikan tetap ditonjolkan agar terlihat lebih menarik.

Sedangkan untuk kayu dari pohon pinus dan kayu jati Belanda biasanya memiliki serat dan warna yang tidak merata. Untuk memberikan kesan lebih menarik, Anda bisa menambahkan cat kayu dengan sifat primer coat.

2. Posisi Penempatan Barang

Selanjutnya adalah melihat posisi di mana barang tersebut akan ditempatkan. Misalnya untuk halam depan rumahyang sering terkena sinar matahari dan hujan, pilihlah cat waterproof. Dengan demikian pagar kayu tidak akan mudah lapuk, ditumbuhi lumut, dan berjamur.

Untuk lantai kayu, gunakan cat kayu yang sifatnya melindungi kayu dari gesekan sepatu dan benda-benda berat. Sedangkan furnitur kayu biasa seperti meja, kursi, dan lemari, cukup menggunakan cat kayu pelitur atau cat warna solid karena tidak sering terkena gesekan.

3. Sesuai dengan Warna

Berdasarkan tingkat transparasinya, cat kayu sendiri terdiri dari atas cat warna solid dan cat pelitur transparan. Cat kayu warna solid memiliki kepekatan yang cukup tinggi sehingga serat kayu akan tertutup dengan baik dan sangat cocok untuk melapisi furnitur kayu tradisional atau minimals dan modern.

Sementara, cat kayu jenis pelitur transparan dapat memberikan efek kilau pada permukaan kayu dan melindunginya dari goresan, namun serat kayu tetap terlihat seperti aslinya. Cat kayu yang satu ini cocok di gunakan untuk perabotan dengan gaya klasih dan tradisional.

4. Memilih Warna yang Cocok

Memilih warna cat kayu harus membutuhkan waktu yang singkat, tidak hanya sekedar menunjukan warna favorit saja Namun juga harus menyesuaikan dengan ketersediaan cat kayu oleh pihak produsen cat kayu. Selain itu, Anda juga bisa membawa kayu potongan yang akan digunakan sebagai bahan percobaan dengan diolesi menggunakan cat kayu.

Mengapa hal tersebut harus Anda lakukan. Karena hasil dari jenis kayu memiliki warna yang berbeda-beda. Dari pada Anda membeli cat yang salah dan tidak cocok dengan jenis kayu Anda maka anda bisa mencobanya terlebih dahulu.

Penutup

Nah Sekian artikel dari yanacircle.com tentang cara memilih cat kayu untuk futniture.