Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Google Play Tidak Bisa Download? Ini 9 Cara Untuk Mengatasinya

Google Play Store ialah toko aplikasi standar di Android dan kadang bisa stop berfungsi, seperti google play tidak bisa download atau mulai tampilkan kekeliruan. Di sini kita bicara mengenai perbaikan yang bisa dicoba untuk menuntaskan permasalahan Play Store yang tidak berperan.

Apa Google Play Store Anda tak berfungsi? Google menjadi sisi penting dari kehidupan kita. Khususnya karena Play Store-nya ialah sumber aplikasi, games, dan yang lain di piranti mobile Android kita. Tapi terkadang, Anda kemungkinan coba membuka, dan cuma untuk menjumpai kesalahan Google Play Store. Bagaimana juga, kita pada akhirannya menghadapi permasalahan Google Play tidak bisa download.

Lepas dari pernyataan kesalahan saat mendownload aplikasi baru, Play Store  aksesnya terhento, atau mungkin tidak memuat data apapun. Dalam beberapa kasus, ini kemungkinan memperlihatkan beberapa code kekeliruan juga.

9 Cara Mengatasi Google Play Tidak Bisa Download

Aplikasi kemungkinan tidak berfungsi karena banyak alasan. Misalkan, kemungkinan jaringan jaringan Anda yang jelek, service kemungkinan turun dari server atau bisa saja permasalahan khusus perangkat. Tidak ada manual khusus untuk memperbaiki Google Play tidak bisa download, tetapi kami sudah kumpulkan banyak panduan dan langkah yang kemungkinan membuat aplikasi google play store tidak bisa download Anda jalan kembali.

1. Paksakan Berhenti Aplikasi, Hapus Cache, Serta Data saat Google Play Store Tidak Bekerja

Paksakan stop aplikasi Google Play Store Anda. Terkadang, aplikasi Anda kemungkinan cuma dianjurkan untuk istirahat. Anda bisa batasi aplikasi Anda untuk berhenti sebagai pendekatan untuk mulai ulang aplikasi atau restart. Ini akan menuntaskan permasalahan Google Play Store Tidak Bekerja.

Hapus cache dan data aplikasi mendorongnya untuk mengawali satu kali lagi dan terkadang akan menghapus bug yang tidak kelihatan. Untuk lakukan ini, membuka Setting> Aplikasi> Lihat semua aplikasi dan pilih Google Play Store. Setelah itu, klik Penyimpanan > Hapus Cache > Hapus data. Bila transisi di atas tidak membenahi permasalahan Anda, coba bersihkan cache untuk Service Google Play, Rangka Service Google, dan Pengelola Unduhan.

Disamping itu, Anda harus pastikan jika Google Play Store diperbaharui ke versus terkini. 

2. Check Jaringan Internet Anda bila Google Play Store Anda Tidak Berperan

Banyak aplikasi tidak didownload bila Anda memakai akses internet yang tidak stabil, yang disebut permasalahan umum dengan Play Store. Check akses internet dan data mobile Anda. Supaya Google Play Store berfungsi secara baik, Anda harus mempunyai jaringan data mobile atau internet yang kuat.

Untuk menangani Play Store Tidak bisa download, coba mulai ulangi router Anda apabila ada data mobile, coba mulai ulangi perangkat Anda atau aktifkan mode Pesawat sepanjang beberapa saat dan aktifkan. Ini bisa membantu membangun kembali akses internet yang kuat.

Demikian pula, matikan VPN Anda bila Anda memakainya. VPN dapat mengakibatkan permasalahan dengan unduhan Play Store serta bisa hentikan play store untuk berisi data apa saja.

3. Check Pengaturan tanggal dan waktu Anda bila Google Play Store Tidak Bekerja

Google mengecek tanggal dan waktu handphone Android Anda untuk Play Store. Bila toko tidak mendapati waktu, karena itu bisa mengakibatkan beberapa permasalahan. Server Google bisa alami kesusahan saat menyesuaikan dengan piranti Anda dan mengakibatkan Play Store Anda berperangai tidak seharusnya.

Untuk mengecek Pengaturan Tanggal dan Waktu Anda. Membuka Pengaturan > Mekanisme > Tanggal dan Waktu. Ketok ini, dan Anda akan menyaksikan apa piranti Anda ada di tanggal dan waktu Automatis yang diberi oleh perusahaan jaringan Anda.

Bila tidak saat ini, karena itu Anda harus menghidupkannya. Bila piranti Anda automatis dan Google Play Store Anda belum berperan, karena itu Anda harus atur tanggal dan waktu secara fisik. Pertama, Anda perlu mematikan tanggal dan waktu Automatis. Pada waktu itu, mulai dengan masukkan tanggal dan waktu dengan akurat sekitar yang diharap.

4. Cek penyimpanan ruang

Bila handphone Anda kekurangan ruangan, itu bisa hentikan pengunduhan dan penyempurnaan aplikasi. Handphone pintar Anda kemungkinan kekurangan ruangan bila Anda menyaksikan peringatan mengenai ruangan tambahan atau bila berada di bawah 1 GB yang bisa dijangkau saat Anda mengecek.

Karena piranti membutuhkan beberapa ruangan untuk peranan dasar, Google Play Store akan stop berperan karena piranti tidak meluluskan pemakaian lain terkecuali untuk peranan dasar. Coba membersihkan beberapa penyimpanan Anda, lalu check kembali.

5. Hapus dan Ganto Google akun 

Bila aplikasi Play Store Anda tetap tidak berperan, karena itu Anda kemungkinan harus beri kesegaran account Google di handphone pintar Anda. Ini memiliki arti account Google Anda di semua piranti Anda akan disetel ulangi dan bukan hanya di Google Play Store.

Yakinkan Anda ketahui account saat sebelum mengawali ini. Anda tidak mempunyai pilihan untuk buka Google Play atau produk lain seperti YouTube Music atau Google Drive sampai Anda menambah kembali account Anda. Membuka Pengaturan Anda dan ketok Account. Selanjutnya ketok account Google yang penting Anda hapus. Pada waktu itu, ketok lambang menu (tiga titik di pojok atas kanan) dan ketok Hapus account.

6. Check apakah Google Play Store alami pemadaman global

Anda perlu pastikan permasalahannya berada di faksi Anda dan bukan permasalahan yang bertambah luas dengan Google. Check status Play Store pada kontribusi seperti Downdetector atau UptimeRobot, misalkan. Bila banyak pemakai memvisualisasikan permasalahan paralel, karena itu kemungkinan itu ialah permasalahan Google, dan Anda harus menanti mereka untuk melakukan perbaikan.

Bila Anda menyangka permasalahannya berada di segi pemakai, Anda harus me-restart piranti Android Anda lebih dulu. Kelihatan benar-benar terang. Tetapi, ini menjadi jawaban cepat untuk beberapa permasalahan. Bila kesusahan Anda berulang-ulang, karena itu telah waktunya Anda pikirkan jalan keluar lain.

7. Delete file "hosts.txt" (requires root)

Coba cara ini cuma bila Anda ialah pemakai tingkat menengah dan mempunyai piranti Android yang sudah di-root. Berikut langkah melakukan.

    - Unduh Root File Explorer untuk terhubung file Root piranti.

    - Arahkan ke directory root/mekanisme

    - Sekarang mencari "hosts.txt" dan hapus file ini secara tetap

8. Hapus Pengaturan VPN

Mempunyai VPN ialah langkah yang baik untuk memperoleh semua media favorite Anda di luar lokasi geografis Anda. Tapi banyak pemakai VPN menjelaskan jika mereka sudah alami permasalahan di semua papan. 

Apakah sudah Anda coba menonaktifkan ini (bila Anda memakainya)? Bila Anda memakai aplikasi VPN, Anda bisa masuk ke aplikasi dan mematikan jaringan aman Anda. Bila Anda menambah VPN dengan manual, Anda bisa masuk ke Pengaturan dan mematikannya.

Langkah hapus Pengaturan VPN di Android:

    -Buka aplikasi Pengaturan.

    -Masuk ke Jaringan dan internet.

    -Ketuk VPN.

    -Pilih icon roda gigi di samping VPN Anda.

    -Klik Lupakan

9. Cara Terakhir : Reset Pabrik

Bila tidak ada beberapa langkah yang disebut sebelumnya yang sukses, penuntasan paling akhir ialah kembalikan data ke setel pabrik piranti Anda. Sistem ini tentu memerlukan kebanyakan tugas tapi ini pasti menuntaskan permasalahan. 

Yakinkan untuk membikin cadangan data Anda saat sebelum lakukan cara ini dan ini akan hapus secara tetap semua file dan folder dari piranti Anda.

Mungkinkah Service Google Play yang perlu disalahkan?

Aplikasi Google bisa dipandang seperti mesin yang gerakkan handset Android. Ya, kami merujuk pada program aneh yang periodik membutuhkan penyempurnaan setiap Anda coba memasang yang baru. Walau beberapa orang tidak mengetahui kehadirannya, ini berperan sebagai tulang punggung handphone Anda. Service Play jalankan banyak aplikasi Google, yang meliputi beberapa feature paling inovatif yang ada.

Memakai tehnik sama yang disebut awalnya, membersihkan cache dan data. Yang perlu Anda kerjakan ialah ke Play Store di App Manajer bukannya Google Play Store. Bila Anda alami permasalahan dengan Service Google Play, Anda harus melakukan eksperimen dengannya sama seperti yang Anda kerjakan secara aplikasi lain.

Ringkasan

Kami yakin jika salah satunya tehnik ini pecahkan permasalahan Anda dan membuat Google Play Store Anda kembali bekerja penuh. Bila tidak ada kontribusi, permasalahan harus jalan lebih jauh dari yang diharap, dan Anda kemungkinan harus mengontak support Google.