Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal NIPT Test dan Program Hamil Sebelum Menikah

Program hamil sebelum menikah ternyata sangat penting dilakukan, terutama bagi orang yang tidak ingin menundua kehamilan pada awal pernikahan. Biasanya program ini dilakukan ketika sudah menikah, namun perlu Anda ketahui bahwa sebelum menikah alangkah baiknya untuk merencanakan program ini.

Apa Itu NIPT Test?

Mengenal NIPT Test dan Program Hamil Sebelum Menikah

NIPT Test atau Non Invasie Test (NIPT) adalah sebuah pemeriksanaan yang dilakukan pada masa awal kehamilan untuk mendeteksi terjadinya kelainan genetik pada janin yang sedang di kandung.

Persiapan Kehamilan Sebelum Menikah

Salah satu hal yang cukup penting yang harus Anda persiapkan sebelum menikah adalah menjaga orang reproduksi dengan bak. Hal ini nantinya akan berkaitan dengan program hamil yang akan dijalani oleh pasangan yang sudah menikah.

Tidak sedikit orang yang belum dikaruniai keturunan setelah menikah. Olel sebab itu, berikut ini adalah persiapan sebelum menikah yang bisa Anda lakukan.

Konsumsi Makanan Bergizi

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan ketika sedang mempersiapak kehamilan yaitu menkonsumi makanan bergizi seperti Azam Folat. Azam Folat sangat penting bagi perkembangan janin. Selain itu, nutrisi yang terkandung dalam zat ini adalah dapat membuat tubuh Anda semakin sehat.

Menghentikan Kebiasaan Buruk

Jika Anda sedang merencanakan kehamilan alangkah baiknya untuk menghentikan kebiasaan buruk. Kebiasaan buruk dapat berpengaruh dan akan berdampak para orang reproduksi Anda. 

Kebiasaan yang perlu Anda hentikan seperti merokok, mengkonsumsi kafein, mengkonsumsi minuman keras, obat terlarang, dan lain sebagainya

Berhubungan Seks

Siapa sangka, bahwa berhubungan seks dapat meningkatkan kondisi anda dalam performa terbaik. Disarankan untuk melakukan hubungan seks setidaknya 2-4 kali dapal seminggu. Selain itu, Alangkah baiknya untuk berhubungan seks saat masa subur agar menciptakan peluang kehamilan semakin tinggi.

Konsultasi ke Dokter Kandungan

Usahakan untuk selalu konsultasi ke Doketer Kandungan untuk mengetahu masa subur, karena hal ini sangat berpeluang untuk kehamilan. Biasanya masa suber wanita berbeda-beda sesuai situs haidnya. Misalnya saja ada yang menstruasi 28 garu, maka masa suburnya adalah 14 haru setelah menstruasi pada hari pertama.

Olahraga

Anda juga bisa meningkatkan peluang kehamilan dengan cara rutin berolahraga bersama pasangan. Selain dapat membuat tubuh lebih sehat, olahraga juga bisa membantu kesuburan pria maupun wanita.

Istirahat Cukup

Pasangan yang memiliki waktu tidak yang teratur atau cukup mampu meningkatkan tingkat kesuburan yang lebih baik. Oleh sebab itu, hindari kebiasaan kurang tidak jika kamu sedang merencanakan kehamilan bersama pasangan.

Waktu yang bagus untuk istirahat untuk pria yaitu sekitar 7 - 8 jam setiap malam. Kebiasaan kurang tidur juga akan berdampak pada performa saat berhubungan intem dan kualitas sperma yang dikeluarkan.

Beberapa Hal yang Perlu Anda Siapkan Sebelum Menikah

Pernikahan memang memerlukan persiapan yang sangat matang, sebab kegiatan atau acara ini hanya dilakukan satu kali seumur hidup. Nah Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk persiapan sebelum menikah.

Persiapan mental

Sebelum melakukan proses acara pernikahan, Anda bisa mempersiapkan mental terlebih dahulu. Persiapan mental akan sangat berguna jika Anda sedang mengalami permasalahan yang belum Anda pernah lalui saat menjadi jombol.

Persiapan Fisik

Agar menjadi keluarga yang harmonis dan sehat, Anda bisa melakukan medical checkup terlebih dahulu, seperti pemeriksaan suhu, nadi, frekuensi, dan tekanan darah. Selain itu, Anda juga harus memerika berat badan, tinggi badan, lingkar lengkap, dan pemeriksaan organ dalam lainya.

Persiapan Finansial

Mungkin beberapa orang berpendapat bahwa finansial bukalah tolak ukur utama dalam pernikahan, namun setiap orang mempunyai prinsip masing-masing, yaitu untuk biaya hidup perlu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu persiapan finansial sangat diperlukan untuk berlangsungnya keluarga yang bahagia.

Kesehatan Organ Reproduksi

Setiap orang yang ingin menikah tentu ingin mendapatkan keturunan yang normal. Oleh sebab itu setiap pasangan harus menjaga orang reproduksinya. Misalnya dengan mengganti celana dalam setiap 2 kali sehati dengan begitu, orang reproduksi akan terhindar dari kuman atau bakteri.

Penutup

Demikian artikel tentang NIPT Tes dan Program Hamil Sebelum Menikah. Meskipun artikel ini ditujukan untuk wanita, namun pria juga berperan pada masa perencanaan kehamilan saat menikah. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa konsultasi dengan dokter kandungan.