Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membandingkan Biaya Asuransi Mobil Indonesia

Salah satu faktor terpenting yang harus diperhatikan saat membandingkan harga asuransi mobil di Indonesia adalah apakah asuransi ditulis dalam rupiah atau dolar. Polis dolar mungkin lebih terjangkau jika Anda sering membelanjakan uang dalam dolar, tetapi polis rupiah lebih baik jika Anda menggunakan asuransi untuk pengeluaran terkait rupiah. Selain itu, asuransi mobil di Indonesia bersifat opsional, dan Ekspatriat cenderung lebih sadar akan masalah asuransi.

Ekspatriat memiliki kesadaran asuransi yang lebih tinggi

Sistem perawatan kesehatan di Indonesia berantakan. Terlepas dari populasi negara yang tinggi, negara ini memiliki infrastruktur kesehatan yang tidak memadai. Untuk alasan ini, banyak ekspatriat memilih asuransi kesehatan ekspatriat. Asuransi kesehatan adalah wajib bagi ekspatriat di Indonesia, tetapi banyak dari mereka tidak mengetahui pilihan mereka. Program perawatan kesehatan universal pemerintah dikenal sebagai Jaminan Kesehatan Semesta, dan merupakan rencana perawatan kesehatan nasional terbesar di dunia.

Asuransi kesehatan publik di Indonesia menawarkan perlindungan kepada penduduk negara, tetapi tidak cukup untuk ekspatriat. Asuransi kesehatan swasta adalah alternatif yang layak. Banyak ekspatriat memiliki asuransi kesehatan di Indonesia dan menggunakannya untuk menutupi biaya pengobatan. Meskipun asuransi kesehatan publik adalah pilihan yang baik, ia memiliki banyak kelemahan, jadi penting untuk memilih paket pribadi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Asuransi kesehatan ekspatriat di Indonesia harus mencakup perlindungan evakuasi medis dan repatriasi. Negara-negara terdekat seperti Malaysia, Singapura, dan Thailand memiliki fasilitas medis kelas dunia, jadi Anda pasti menginginkan paket yang melindungi Anda.

Membeli asuransi mobil di Indonesia adalah opsional

Meskipun asuransi mobil di Indonesia bersifat opsional, namun tetap merupakan ide yang baik untuk mendapatkannya jika Anda berencana untuk berkendara di dalam negeri. Di Indonesia, sebagian besar kendaraan tidak diasuransikan, dan banyak kecelakaan dan pencurian dapat terjadi. Pengemudi Indonesia memiliki sejarah menggandakan kunci mobil mereka dan memberikannya kepada pencuri untuk mencurinya. Sebagian besar mobil yang dicuri tidak pernah ditemukan kembali. Pencuri memotongnya dan mengirimkannya ke provinsi lain untuk suku cadang.

Jika Anda membeli mobil baru, Anda harus mengasuransikannya terhadap pencurian, kehilangan total, dan kecelakaan. Sebagian besar perusahaan asuransi mobil Indonesia akan menjual polis mereka kepada orang asing dengan dokumen yang tepat untuk memiliki mobil. Anda juga harus memiliki visa yang valid, SIM, dan RC untuk mobil. Asuransi mobil di Indonesia tidaklah murah, jadi pastikan untuk membandingkan premi dan pertanggungan sebelum membelinya.

Mobil curian jarang ditemukan kembali

Akibatnya, jika Anda bepergian di Indonesia, Anda mungkin ingin mengambil tindakan pencegahan ekstra untuk melindungi diri Anda dan kendaraan Anda. Negara ini memiliki tingkat kejahatan yang signifikan, tetapi sebagian besar tanpa kekerasan. Senjata sangat langka, jadi kecil kemungkinan Anda akan menemukan orang yang membawa senjata. Bentuk kejahatan yang paling umum di Indonesia termasuk pencurian, perampokan, dan pencopetan. Anda juga harus menghindari perhiasan dan barang elektronik yang mencolok. Pencuri juga diketahui mencuri laptop dari area hotspot.

Karena pencurian mobil sering terjadi, penting untuk mengambil tindakan pencegahan yang wajar untuk mencegah kendaraan Anda dicuri. Ini termasuk menyimpan salinan registrasi kendaraan Anda. Selain itu, Penyelidik Swasta yang baik dapat bekerja atas nama Anda untuk memulihkan mobil curian. Bali Eye Private Investigation Agency adalah agen investigasi swasta berlisensi penuh di Bali dan saudara dari Badan Investigasi Swasta Indonesia. Di Bali, Anda dapat menyewa detektif swasta untuk melakukan penyelidikan atas nama Anda.

Ditulis dalam rupiah atau dolar

Di Indonesia, rupiah adalah mata uang nasional. Saat ini diperdagangkan pada 9% terhadap dolar AS dan hanya sedikit berfluktuasi. Meskipun koin diterima secara luas, kemungkinan besar Anda tidak akan dapat melihatnya dalam kehidupan sehari-hari, karena vendor biasanya mengumpulkan ke denominasi berikutnya yang lebih tinggi. Mata uang dimulai dari 1000 rupiah, yang setara dengan seperempat atau setengah dolar. Namun, Anda akan menemukan bahwa uang kertas 5000 rupiah sama dengan setengah dolar, dan uang kertas 20.000 rupiah sama nilainya dengan uang kertas lima dolar dan sebelas rupiah.

Apalagi, ketika Anda berada di Indonesia, Anda perlu diwaspadai bahwa rupiah dipatok terhadap dolar, sehingga lebih mahal untuk membeli barang impor. Bahkan, Anda akan membayar lebih dalam dolar AS untuk barang-barang impor daripada yang Anda bayarkan untuk barang-barang manufaktur lokal. Dan karena ditulis dalam mata uang asing, Anda akan menemukan bahwa Anda tidak dapat menghemat uang untuk membeli mobil baru jika anggaran Anda terbatas. Jadi, penting untuk memastikan Anda memiliki polis asuransi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Ini ditulis oleh Clements Worldwide

Clements Worldwide adalah penyedia solusi asuransi terkemuka untuk ekspatriat . Perusahaan ini menawarkan cakupan di seluruh dunia dengan respons klaim dan layanan pelanggan yang unggul. Asuransi mobilnya yang komprehensif mencakup pengemudi di Indonesia dengan pertanggungan kewajiban mobil pihak ketiga yang dibutuhkan secara lokal. Jika terjadi kecelakaan, polis ini mencakup cedera tubuh dan kerusakan properti. Clements telah menyediakan solusi asuransi untuk ekspatriat selama lebih dari 60 tahun.