Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Main Saham Khusus Untuk Pemula Agar Untung

 

Setelah mengetahui apa saja keuntungan dan kerugian dari saham, Anda bisa langsung mulai melakukan investasi saham. Sebenarnya cara main saham ini bisa dilakukan oleh semua orang asalkan memiliki pengetahuan yang memadai.

Hal terpenting ketika akan bermain saham adalah mengetahui apa tujuan Anda untuk melakukan investasi saham, apakah untuk jangka pendek atau panjang. Jika masih belum ada bayangan, yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut. 

Cara Main Saham

Bermain saham memang tidak bisa sembarangan karena Anda harus tahu tujuannya dan resikonya. Investasi saham bisa saja menguntungkan Anda atau bahkan sebaliknya. Agar tidak rugi ikuti beberapa tips berikut ini.

1. Memilih Posisi Sebagai Investor atau Trader

Dalam saham ada dua posisi yang bisa Anda pilih yaitu investor atau trader. Apabila ingin mendapatkan keuntungan dari saham dalam jangka pendek bisa menjadi seorang trader. Sebaliknya jika ingin mendapatkan keuntungan untuk jangka panjang bisa menjadi investor. 

Memilih antara menjadi trader atau investor tidak bisa sembarangan karena harus mempertimbangkan banyak aspek agar terhindar dari resiko yang terlalu berat. Sebelum memilih sebaiknya cari tahu informasi lebih lanjut mengenai trader dan investor. 

2. Memahami Ilmu Dasar Saham

Cara main saham pemula di HP adalah dengan memahami ilmu dasarnya. Jika Anda mempelajari tentang saham biasanya akan menemukan banyak istilah baru terkait teknis dan tentunya sangat membingungkan. 

Sebelum mempraktekan berbagai cara, hal dasar yang harus Anda tahu adalah pengertian dari saham itu sendiri. Saham adalah tanda penyertaan modal dari sebuah badan usaha atau perorangan. 

Nanti Anda juga mengenal istilah RUPS atau Rapat Umum Pemegang Saham. Fungsi dari RUPS sendiri adalah menampung aspirasi dari para pemegang saham agar bisa menentukan kebijakan yang tepat. 

3. Memilih Perusahaan Sekuritas yang Murah 

Cara bermain saham dengan modal 100 ribu rupiah berikutnya adalah dengan memiliki perusahaan sekuritas yang murah. Ada tips untuk mendapatkan perusahaan sekuritas yang murah dan aman untuk yaitu mulai dari mencari perusahaan dengan rekam jejak bagus.

Cara yang satu ini harus diperhatikan, Anda bisa bertanya kepada teman atau investor lain agar mendapatkan perusahaan sekuritas berkualitas. Tips berikutnya adalah dengan memberikan nilai setoran awal. 

Setoran awal ini biasanya dibayarkan sesuai dengan perusahaan sekuritas tersebut ada yang hanya 100 ribu rupiah ada juga sampai angka jutaan. Sebagai calon investor, Anda bisa menyesuaikan jumlah setoran awalnya dengan kemampuan.

4. Menggunakan Modal dengan Bijak

Cara bermain saham di HP yang berikutnya adalah menggunakan modal dengan bijak. Modal perlu dipersiapkan sejak awal sebelum melakukan investasi. Ada saham dengan modal awal murah dan ini membuat para pemula tidak bisa dalam menggunakannya dengan baik.

Hal yang perlu diingat ketika akan melakukan investasi adalah bahwa keuntungan harus berbanding lurus dengan modal yang dikeluarkan. Sebagai pemula sebaiknya Anda tidak perlu terburu-buru dalam bermain saham karena hal tersebut bisa menyebabkan kerugian.

5. Membeli Saham Ketika Harganya Rendah 

Cara main saham online terakhir adalah dengan membeli saham ketika harganya sedang rendah. Walaupun ada teori ini, Anda tetap harus mempertimbangkan beberapa hal jadi tidak bisa jika asal membeli. Hal ini karena dalam dunia saham, harga saham yang turun bisa menjadi kabar buruk.

Itu sebabnya penting untuk berfikir panjang dan mencari informasi yang valid sebelum membeli saham. 

Penutup

Kelima cara main saham yang telah disebutkan tadi bisa menjadi acuan jika Anda ingin mulai berinvestasi. Investasi saham tidak bisa sembarangan dan harus berpikir panjang agar Anda tidak mengalami kerugian.