Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Intip Tips dan Cara Trading Saham untuk Para Pemula di Sini!

 

Terjun ke dunia jual beli dan saham memang terkenal akan keuntungannya yang besar, terlebih jika Anda melakukannya dengan hati-hati dan benar. Dengan mengetahui cara trading saham, Anda dapat memahami pola dan kondisi pasar, sekalipun Anda masih pemula.

Nyatanya, meski terlihat mudah dan tidak mustahil, baik investasi maupun trading saham memiliki trik dan tips yang harus Anda ketahui agar tidak mengakibatkan kerugian. Trading saham Indonesia bisa Anda lakukan melalui berbagai platform. Yuk, simak lengkapnya di sini!

Cara Trading Saham yang Mudah untuk Pemula

Untuk melakukan cara jual-beli saham, Anda perlu mengetahui apa pengertian dari trading saham itu sendiri. Seperti namanya, trading saham berarti kegiatan jual beli saham dalam jangka waktu tertentu untuk mendapatkan keuntungan besar. 

Dengan keuntungan yang besar, tentu aka nada yang namanya risiko besar pula. Oleh karena itu, baik bagi pemula maupun investor berpengalaman perlu berhati-hati dalam mengelola saham yang ada. 

Untuk itu, beberapa cara ini mungkin bisa membantu Anda dalam mempersiapkan diri untuk melakukan trading saham yang berhasil dan dapat untung besar:

1. Mulailah dengan Nominal Kecil

Cara trading saham yang paling pertama adalah dengan menyiapkan modal kecil. Dahulu, Anda harus mempersiapkan uang yang banyak sebagai modal. Sekarang, Anda bisa bebas memulainya dengan modal kecil, seperti mulai dari nominal Rp10.000.

Nah, tujuan dari nominal yang kecil untuk awal berbisnis saham adalah karena Anda harus meminimalkan risiko yang ada. Trading saham terkenal dengan risikonya yang tinggi dan tidak semua bisa menguasai dan cocok di bidang ini, loh!

Oleh karena itu, sebaiknya mulai dengan nominal kecil untuk modal Anda trading saham sebagai seorang pemula. 

2. Tentukan Periode Anda Berbisnis Saham

Dalam melakukan suatu hal, terutama yang berkaitan dengan dunia bisnis, perlu Anda ketahui apa maksud, tujuan, dan sampai kapan Anda ingin melakukan hal tersebut. Apakah dalam periode pendek saja atau untuk periode yang panjang?

Cara trading saham harian yang tepat adalah dengan memahami juga peluang profit dari Anda melakukan investasi tersebut. Pada jangka pendek, risikonya memang lebih besar, tetapi tetap ada peluang profit yang bisa diperoleh dengan cepat.

3. Perhatikan dalam Memilih Sekuritas

Untuk memulai kegiatan trading saham, Anda bisa memilih perusahaan sekuritas yang kredibel agar tujuan dari jual beli saham yang Anda harapkan dapat berjalan maksimal. Caranya dengan memilih persentase biaya rendah, seperti nilai 0,20% dari jumlah Anda membeli saham.

4. Perhatikan Pergerakan Saham

Dari waktu ke waktu, tren saham akan berubah naik ataupun turun yang akan berdampak terhadap keuntungan yang nantinya Anda akan dapatkan. Oleh karena itu, Anda harus pintar dalam mengamati pergerakan saham dengan menggunakan analisis teknikal.

Metode seperti ini memang tidak semua orang mengetahuinya. Anda bisa meminta bantuan kepada orang yang sudah profesional seperti konsultan untuk membantu Anda dalam mengelola saham yang telah ditanamkan.

Tipsnya adalah usahakan agar Anda tidak menggunakan modal atau melakukan transaksi saham saat tren saham itu sedang turun. 

5. Bersabar dan Tetap Giat

Cara yang terakhir adalah jangan lupa untuk bersabar. Segala macam cara untuk jual beli saham pasti akan ada saja yang menunjukkan ketidak efektifannya. Sebagai seorang pemula, Anda sebaiknya selalu meningkatkan jumlah modal ketika Anda sudah mulai mahir.

Ketika menghadapi kerugian, Anda harus tetap bertindak bijak dengan pikiran jernih. Bisa juga dengan melakukan average down, yaitu membeli saham dengan nilai yang sedang turun.

Nah, itulah dia cara trading saham yang tepat dan mudah untuk dilakukan bagi para pemula. Kegiatan jual-beli saham memang sudah bisa Anda lakukan di mana saja, baik dari aplikasi trading saham (online) maupun offline. 

Yang terpenting adalah tetap bersabar dan selalu belajar dalam melakukannya. Tunggu apalagi? Yuk, mulai berinvestasi dan berbisnis saham sekarang!