Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips Trading Saham Online yang Bisa Dicoba

Siapa bilang untuk investasi saham butuh dana besar, ada banyak platform trading saham online yang bisa dimulai dari ribuan rupiah saja. Keuntungan yang didapat tentu sebanding dengan investasi saham yang Anda tanamkan.

Biar cepat mendulang untung, Anda bisa mempelajari dulu tips dan trik untuk memulai trading saham online dengan menyimak artikel berikut.

1. Pastikan Legalitas Aplikasi

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat memutuskan untuk terjun ke dunia perdagangan saham yaitu mencari aplikasi atau platform yang terbukti legal, terpercaya, dan aman. Untuk menemukan yang tepat, Anda perlu melakukan riset terkait platform yang membuat Anda tertarik.

Lalu, apa saja yang perlu di riset? Pastikan Anda mencari tahu track record, perizinan OJK, keanggotaan BEI, testimoni, dan info penting lainnya dari aplikasi trading yang Anda tuju.

2. Jangan Sampai Berhutang

Profit yang didapatkan seorang trader memang bergantung dari besaran modal atau investasi yang ditanamkan. Semakin besar nilai investasi maka keuntungan yang bisa diperoleh juga tinggi. Tapi itu tidak lantas membuat Anda harus meminjam sejumlah uang dan berhutang.

Anda bisa memakai pendanaan yang sekiranya tidak terpakai. Hindari meminjam uang untuk modal karena trading tidak selalu menguntungkan apalagi jika Anda masih pemula yang masih perlu banyak belajar dan perlu banyak pengalaman.

Jika Anda bertanya butuh modal berapa untuk bisa membeli saham dan memulai trading online. Tiap perusahaan memiliki harga minimum untuk per lembar saham yang dijual. Harga terendah dari per lembar saham suatu perusahaan ada yang hanya Rp. 2.000. 

Tapi pembelian saham umumnya 1 lot. Satu lot setara dengan seratus lembar saham. Misalnya Anda punya modal investasi Rp. 5.000.000 maka Anda punya 25 lot saham yang siap diperjualbelikan. 

3. Memahami Perdagangan Saham Online

Trading saham online memerlukan kemampuan money management yang baik dan kemampuan prediksi atas fluktuasi harga yang naik turun. Anda harus bisa mengkalkulasi keuntungan dan kemungkinan kerugian dari investasi saham Anda.

Pahami dengan baik bagaimana trading saham online dilakukan, apa saja yang harus jadi pertimbangan saat melakukan trading, bagaimana tren pasar saat ini, dan pertimbangan penting lainnya.

Selain itu saat ingin menjual saham, pertimbangkan waktu yang tepat untuk menjual. Perhatikan juga spot opportunities, dan waktu krusial yang mengharuskan Anda menjual saham untuk meminimalkan kerugian.

4. Jadikan Trading sebagai Bisnis

Anda juga perlu merubah mindset untuk menjadikan trading saham sebagai bisnis penuh atau paruh waktu dan buka sebagai hobi atau pekerjaan. Mengapa?

Saat Anda menjadikan trading sebagai hobi, Anda tidak akan punya komitmen dan tidak bisa fokus untuk meraup profit yang besar karena tidak punya tujuan yang jelas. 

Jika Anda menganggapnya sebagai pekerjaan karena tidak ada gaji tetap. Anda akan stres karena profit tidak selalu datang, akan ada kemungkinan Anda merugi

Trading adalah bisnis dan memakan biaya, kerugian, pajak, ketidakpastian, stres, dan risiko. Sebagai trader, pada dasarnya Anda adalah pemilik usaha kecil dan Anda harus meneliti dan menyusun strategi trading untuk memaksimalkan potensi bisnis Anda.

Tips trading saham online membuat Anda lebih yakin untuk memulai karir sebagai seorang trader. Tentunya masih ada banyak tips-tips lain yang bisa Anda contoh dari para trader profesional. Saat Anda serius menekuni bidang pastinya proses tidak akan mengkhianati hasil, kan?