Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Main Saham Online yang Menguntungkan

Apakah kamu sedang mencari tahu cara main saham online? Investasi di era digital seperti sekarang ini sangat mudah direalisasikan. Tak sedikit pula masyarakat Indonesia yang kini mulai berinvestasi saham online karena dinilai lebih mudah dan praktis. 

Pada dasarnya investasi saham online sama saja dengan investasi saham konvensional, hanya pengaplikasiannya saja yang berbeda yaitu dilakukan secara online melalui sebuah aplikasi atau website yang ada pada laptop dan ponsel pintar Anda. 

Main Saham Online yang Menguntungkan

Sama seperti instrumen investasi lainnya, investasi saham dilakukan untuk mendapatkan keuntungan dari modal uang utama. Namun, tidak sedikit investor dan trader yang mengalami kerugian akibat beberapa faktor yang tak diinginkan. 

Nah, untuk meminimalisir resiko kerugian yang bisa terjadi kapan saja, berikut ini beberapa tips cara main saham untuk pemula agar memperoleh untung besar. 

1.Siapkan Dana Investasi

Untuk memulai suatu aktivitas investasi saham tentunya ada sejumlah dana yang harus dipersiapkan. Disini Anda akan membeli saham atau aset perusahaan dan nantinya Anda akan memperoleh pembagian hasil dari saham yang Anda miliki. 

Perlu diingat, dalam menabung saham Anda harus menggunakan "dana dingin". Yaitu istilah dari uang yang tidak dipakai dalam jangka waktu tertentu atau uang yang tidak digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. 

2. Pilih Sekuritas dengan Biaya Transaksi Kecil

Untuk cara main saham online modal kecil, Anda harus memilih satu diantara banyaknya perusahaan sekuritas atau broker saham. Pada umumnya, biaya transaksi antar perusahaan sekuritas berbeda-beda. 

Biaya transaksi disini adalah biaya pembelian dan penjualan saham. Biaya ini menjadi sumber pendapatan broker yang Anda pilih. Misalnya ada sekuritas yang menerapkan biaya 0,19% untuk pembelian dan 0,29% untuk penjualan. 

3. Buka Rekening Saham ( Rekening Dana Nasabah) 

Sekarang Anda bisa melakukan pendaftaran keanggotaan dan pembukuan rekening di perusahaan sekuritas saham melalui platform online yang tersedia. Proses pendafataran ini sangat penting bagi Anda yang sedang belajar cara investasi saham


Karena di rekening dana nasabah ini Anda bisa melakukan transaksi jual beli saham. Sama seperti membuka rekening tabungan, disini Anda juga harus melampirkan beberapa dokumen dan mengisi formulir khusus. 

Baru setelah itu Anda bisa mulai untuk main saham online yang diinginkan serta dapat memperoleh hasil yang memuaskan. 

4. Lakukan Analisis Fundamental dan Teknikal

Sebelum Anda melakukan transaksi jual beli saham online, Anda perlu melakukan dua analisis yaitu fundamental dan teknikal. 

Analisis fundamental artinya mempelajari tentang inti suatu perusahaan. Disini Anda perlu memahami tentang SOP perusahaan, proses bisnis dari perusahaan tersebut, serta laporan keuangan dari perusahaan atau sekuritas yang Anda pilih. 

Sementara analisis teknikal mengacu pada pergerakan saham dalam rentan waktu tertentu termasuk harga dan fluktuasi saham, serta informasi titik tertinggi dan terendah saham yang Anda incar. 

5. Putar Modal atau Keuntungan

Untuk meminimalisir resiko bermain saham sehingga mendapat imbal hasil yang banyak, sebaiknya modal atau keuntungan yang diperoleh saat bermain saham diputar kembali. 

Tak perlu jauh-jauh, Anda bisa menggunakan dana tersebut untuk membeli saham perusahaan lain yang lebih menjanjikan prospeknya. Jadi, jika Anda rugi di suatu saham atau tidak mendapatkan dividen, Anda bisa mengantongi dari saham lain. 

Penutup

Demikian cara main saham online untuk investor pemula agar memperoleh keuntungan yang besar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!