Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Menjadi Trader Pemula yang Sukses

Ingin sukses investasi saham? Mudah saja tipsnya selama Anda tahu cara menjadi trader yang sukses meskipun masih pemula. Simak info selengkapnya seputar trading tersebut di sini. 

6 Cara Menjadi Trader Saham 

Apa saja yang harus dipersiapkan atau dipelajari untuk menjadi seorang trader profesional? 

1. Memahami Istilah Penting Trading

Ada banyak istilah dalam dunia trading, pelajari dan pahamilah hal-hal yang penting meski sifatnya dasar. Bagi trader pemula, beberapa istilah penting yang wajib dipelajari di antaranya jenis saham, emiten, efek, profit, IPO, buyback, bullish, dan bearish

2. Mempelajari Cara Analisis Saham

Anda tidak bisa disebut seorang trader saham, jika tidak tahu cara menganalisisnya. Kemampuan analisa ini akan diperoleh seiring bertambahnya pengalaman dalam bermain saham. Ada dua analisa utama yang umumnya digunakan dalam pasar modal, yakni fundamental dan teknikal. 

3. Pilih Broker Saham Secara Tepat

Cara menjadi trader tidak bisa dilakukan sendiri karena Anda membutuhkan peran broker saham. Broker saham merupakan penyedia transaksi atau media jual beli saham. Broker saham ini bisa disebut pula sebagai perusahaan sekuritas yang berperan menjadi perantara perdagangan efek. 

Untuk memulai cara trading saham, Anda wajib membuka rekening efek melalui perusahaan sekuritas tersebut. Sangat dianjurkan untuk memilih perusahaan sekuritas yang tidak hanya kredibel, tapi juga memiliki legalitas dan menawarkan banyak keuntungan. 

4. Mulai Dari Modal Kecil dengan Saham yang Tepat

Kesalahan fatal dari seorang trader saham pemula biasanya karena tergiur dengan keuntungan awal yang besar yang kemudian menghabiskan banyak modal untuk melakukan trading kembali. Sebagai pemula, sebaiknya mulai saja dengan modal kecil dulu dan belilah saham yang tepat. 

Ketepatan dalam trading sangat menentukan kesuksesan dalam berinvestasi saham. Jika berhasil membeli atau menjual saham pada momen yang pas, dipastikan akan memperoleh capital gain. Selain itu, disarankan pula memilih saham yang resikonya kecil seperti blue chip.  

4. Mampu Mengendalikan Emosi Ketika Trading

Aktivitas trading juga mudah dipengaruhi oleh emosi. Keinginan untuk meraih untung besar seringkali membuat trader gegabah dalam mengambil keputusan dan tidak jarang berujung kerugian karena salah langkah, terutama saat terjadi euphoria pasar. 

Maka dari itu, seorang trader harus mampu mengendalikan emosi dan kondisi psikologisnya agar tidak mudah tergiur oleh tren pasar. Perhitungkanlah setiap keputusan dengan cermat dan hati-hati sehingga Anda bisa lebih berpikir logis saat trading. 

5. Susun Trading Plan

Cara menjadi trader akan lebih efektif dan terencana jika Anda memiliki trading plan, sebuah perencanaan yang akan menentukan arah investasi kedepannya. Dengan begitu, Anda memiliki panduan investasi saham sehingga tidak mudah tergoyahkan oleh tren pasar yang sifatnya sesaat. 

6. Bijak dan disiplin dalam manajemen modal

Trader yang masih pemula juga harus mengimplementasikan manajemen modal secara bijak dan disiplin ketika trading saham. Hal ini guna mencegah habisnya modal dengan cepat yang dapat memicu kerugian besar. 

Contohnya dengan menetapkan batas maksimal kerugian yang bisa Anda tolerir per harinya seperti pada kisaran 3-5% dari total portofolio yang dimiliki. Manajemen modal ini penting diperhitungkan secara cermat agar profit tercapai dan kerugian bisa diminimalisir. 

Intinya, setiap cara trading saham harus dilengkapi dengan manajemen modal. Dengan cara ini, Anda akan dimudahkan dalam menentukan waktu yang tepat untuk memulai dan berhenti melakukan trading. 

Demikian rangkaian informasi mengenai cara menjadi trader yang bisa Anda coba praktikkan. Semoga info ini memperkaya wawasan Anda perihal trading dan temukan info menarik lainnya seputar investasi di sini.