Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Tepat Belajar Main Saham agar Menguntungkan

Investasi saham memang menggiurkan karena menawarkan return yang cukup tinggi. Bagi Anda yang baru terjun ke investasi ini, sangat disarankan untuk belajar main saham agar tidak asal-asalan dalam berinvestasi.  

7 Cara Belajar Main Saham agar Untung

Namanya investasi, pasti ingin mendapat banyak keuntungan termasuk dalam bermain saham. Namun, pahamilah bahwa ada berbagai resiko bermain saham yang harus Anda ketahui. Sebab itu, pelajari cara mainnya seperti berikut ini. 

1. Memahami Pengetahuan Dasar Soal Saham

Ketika Anda ingin memulai berkecimpung di dunia saham, awali dengan memahami pengetahuan dasarnya dulu. Seperti istilah penting perihal saham, investasi, dan sejenisnya. Ini sangatlah penting agar Anda tidak salah ambil keputusan saat berinvestasi karena salah arti.

Umumnya, orang memahami saham sebagai bentuk investasi dengan cara membeli atau menyertakan modal ke pihak lain. Padahal, cara bermain saham tidak sesederhana itu karena ini menyangkut tentang pergerakan pasar, trading, kondisi ekonomi, dan semacamnya. 

Anda bisa mempelajari hal-hal dasar mengenai saham melalui berbagai sumber baik media digital maupun lewat buku. Hal yang perlu Anda catat, yakni manfaatkan media informasi yang kredibel dan terpercaya agar pengetahuan yang dibutuhkan juga tepat bukan sekadar teori belaka. 

2. Pelajari Cara Analisis Saham

Sudah jadi rahasia umum bahwa pergerakan saham itu dinamis dan bisa berubah setiap detiknya. Adakalanya suatu saham melonjak, namun tiba-tiba turun drastis hingga memicu kerugian besar. Guna meminimalisir risiko kerugian saham, maka Anda wajib tahu cara menganalisis saham ini. 

Mempelajari hal tersebut bukanlah hal yang mudah dan bisa dicapai dalam waktu singkat. Anda bisa memulainya dari jenis-jenis saham, langkah yang harus diambil ketika saham naik atau turun, faktor yang mempengaruhi pergerakan saham, hingga cara membaca portofolio saham. 

3. Pahami Soal Transaksi Berjangka

Mendapat keuntungan besar dalam waktu singkat memang menggiurkan para investor, tapi jadi percuma jika sifatnya sementara. Alih-alih mengejar keuntungan instan, lebih baik belajar main saham untuk prospek ke depan sesuai target yang diinginkan dalam jangka panjang. 

Terkait hal ini, Anda perlu memahami tentang transaksi berjangka. Transaksi berjangka merupakan cara mengelola saham dengan menambahnya pada setiap transaksi dengan keputusan yang aman agar investasi dapat berjalan berkelanjutan. 

4. Hindari Bermain Saham dengan Hutang 

Ketika Anda terbatas dari segi finansial tapi berminat besar memulai investasi saham, maka tidak dianjurkan untuk melakukan pembelian dengan cara berhutang. Pasalnya, Anda harus membayar utang tersebut meski mendapat keuntungan investasi saham

Sebaliknya, Anda akan makin kesulitan keuangan semisal saham yang dimiliki sedang anjlok padahal harus tetap melunasi hutang tersebut. Sebaiknya, sisihkan dana khusus untuk investasi saham ini sehingga tidak mengganggu kestabilan keuangan Anda. 

5. Mainkan saham pada waktu yang tepat

Belajar main saham akan mengasyikan ketika Anda sudah paham alurnya dalam membeli dan menjual pada waktu yang tepat. Khusus pemula, hal dasar yang perlu diketahui adalah membeli saham pada saat harganya turun dan menjualnya ketika nilainya naik atau normal. 

Dengan begitu, Anda akan memperoleh keuntungan. Namun, Anda perlu memahami secara benar pergerakan saham sehingga dapat mengambil keputusan pembelian dan penjualan pada waktu yang tepat. 

6. Mengenali Saham LQ45 dan IDX30

Dalam investasi saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), ada LQ45 dan IDX30 yang wajib Anda pahami. Keduanya adalah indeks saham yang memiliki tingkat likuiditas tinggi dengan kapitalisasi pasar besar sekaligus didukung oleh perusahaan yang besar. 

7. Pilih Tepat Platform Saham 

Bagi pemula, mungkin Anda akan bingung bagaimana cara berinvestasi saham. Hal ini mudah saja sebenarnya karena sudah banyak platform online yang menyediakan hal tersebut. Pilihlah platform investasi yang terjamin dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Itulah rangkaian info seputar cara belajar main saham yang bisa Anda terapkan. Semoga membantu dan jangan mudah tertipu dengan investasi saham dengan keuntungan tinggi tapi tidak jelas sumbernya.