Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Cara Main Saham Online untuk Pemula

 

Di zaman serba teknologi seperti sekarang ini, belajar cara main saham online bukanlah hal yang mustahil.  Karena sudah banyak platform yang menawarkan layanan investasi saham secara online. Dengan begitu, Anda bisa melakukan investasi saham dengan mudah. 

Sudahkah Anda tahu apa itu saham? Saham ialah suatu   bukti kepemilikan nilai sebuah perusahaan atau bukti penyertaan modal. Pemilik saham juga berhak untuk memperoleh dividen sesuai dengan jumlah saham yang dimilikinya. 

Tips-tips Cara Main Saham Online

Jika Anda mulai tertarik untuk bermain saham, berikut ini beberapa tips bermain saham untuk pemula yang bisa Anda terapkan sebagai investor pemula. 

1.Pilih Perusahaan Sekuritas yang Tepat

Tips pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memilih aplikasi saham untuk pemula atau perusahaan sekuritas yang tepat. Tak perlu khawatir, saat ini Anda bisa menemukan banyak perusahaan sekuritas yang sudah resmi tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). 

2. Buat Rekening Efek

Cara lain yang bisa Anda coba lakukan adalah mendaftar di Sekolah Pasar Modal (SPM) yang digelar BEI secara daring (online) atau tatap muka (offline). 

Disini, Anda akan mempelajari seluk beluk dunia pasar modal, cara memilih saham unggulan (blue chip), cara bermain saham agar terhindar dari saham gorengan, hingga sampai cara mengoperasikan aplikasi saham milik perusahaan. 

3. Setor Modal

Cara main saham online selanjutnya yaitu dengan menyetor dana untuk melakukan transaksi saham. Anda bisa melakukan setoran modal ke rekening RDN dan jumlahnya tergantung jumlah transaksi saham yang Anda inginkan. 

Sebelum itu, Anda juga harus melakukan deposit terlebih dahulu,  lalu baru bisa melakukan transaksi perdagangan saham. 

4. Gunakan Dana Dingin

Untuk meminimalisir resiko bermain saham, sebisa mungkin menyiapkan modal dengan menggunakan dana dingin. Dana dingin artinya uang menganggur yang berasal dari dana pribadi alias bukan yang Anda pakai untuk mencukupi kebutuhan pokok.

5. Jangan Gegabah

Sebagai seorang investor, pasti Anda akan tergoda ketika nilai saham semakin naik. Rasanya tangan sudah gatal ingin menjual saham tersebut. Kalau memang Anda sangat membutuhkan uang tersebut untuk keperluan mendesak, tidak masalah. 

Tetapi jika belum memiliki rencana, urungkan niat menjual saham. Apabila Anda punya tabungan lebih, curahkan saja ke saham. Cara main saham online tentu punya resiko, yaitu harga saham turun. Yang penting jangan pernah lakukan penjualan saat harga turun. 

Perlu diketahui juga, semakin banyak Anda menyimpan uang, maka semakin besar juga keuntungan yang akan Anda peroleh. 

6. Pilih Saham yang Menguntungkan

Tips membeli saham bagi pemula yang tak kalah penting yaitu cari dan pilih saham mana yang menguntungkan. Dalam dunia saham, terdapat istilah investor dan juga trader. Dimana kedua hal tersebut ialah sebutan orang yang bermain saham. 

Investor lebih lebih ke arah investasi saham jangka panjang, sedangkan trader sebaliknya yaitu investasi saham jangka pendek. Baik investor dan trader pasti punya daftar incaran saham yang akan dibeli karena memiliki potensi yang menguntungkan. 

Nah dalam memilih suatu saham, jangan sembarangan karena Anda harus mencari tahu terlebih dahulu bibit, bobot, bebet saham yang hendak dibeli. Cek juga fundamental atau kinerja perusahaan tersebut dari tahun ke tahun. 

Penutup

Demikian beberapa tips cara main saham online untuk pemula yang minim resiko, aman dan pastinya menguntungkan. Semoga ulasan ini membantu Anda, selamat mencoba dan semoga berhasil!