Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Trading Saham Sampai Sukses untuk Pemula!

Sekarang ini, siapa saja dapat melakukan transaksi saham, tidak peduli jika Anda adalah investor berpengalaman atau sekadar pemula. Belajar trading saham sepertinya sudah menjadi kegiatan yang kebanyakan orang lakukan ketika ingin mendapatkan keuntungan besar. 

Baik seorang trader maupun investor memiliki satu tujuan. Yang membedakan adalah ada pada cara bermain, waktu menjual saham, sampai tujuan bermain saham. Nah, untuk Anda yang baru berkecimpung ke dunia saham, hanya di sini tips belajar saham yang mudah!

7 Cara Belajar Trading Saham dari Nol

Sebelum Anda memulai bermain dengan saham, ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu tentang trading saham. Pada dasarnya, trading saham adalah kegiatan menjual-belikan saham dalam jangka waktu tertentu. 

Trading jelas berbeda dengan investasi yang kegiatannya seolah-olah menabung modal untuk mendapat keuntungan jangka panjang maupun jangka pendek. 

Apabila Anda sudah mengetahui pengertian trading saham dan bagaimana cara kerjanya, berikut adalah cara belajar trading saham, khususnya untuk pemula:

1. Buat Anggaran

Anggaran dibuat dengan tujuan supaya Anda dapat mengetahui seberapa banyak kesanggupan finansial untuk main saham. Selain itu, anggaran juga bisa membantu Anda dalam menghitung keuntungan yang didapat.

2. Tentukan Broker yang Terpercaya

Dalam dunia perbisnisan saham, ada istilah yang disebut dengan broker atau pialang. Anda perlu terdaftar ke broker terlebih dahulu sebelum bisa melakukan trading saham. Carilah nama pialang yang cukup kredibel, bagus dari segi pelayanan, fitur yang diberikan, dan fee yang dikenakan.

Supaya lebih menghemat, pilih juga pialang yang memiliki biaya admin tidak terlalu tinggi saat Anda melakukan transaksi. Hal ini bisa Anda temukan di berbagai aplikasi trading saham, loh!

3. Mulailah dengan Modal Kecil

Bagi Anda yang masih ragu untuk investasi saham karena tidak punya cukup modal, tenang saja. Investasi nyatanya tidak perlu modal sebanyak yang Anda kira. Terlebih untuk para pemula yang baru mulai investasi, nilai saham dengan nominal kecil sangat disarankan. 

4. Pilih Sekuritas yang Rendah

Dalam melakukan investasi saham, Anda memerlukan rekening efek (rekening dana nasabah) yang juga difasilitasi oleh beberapa perusahaan yang banyak dikenal. Anda bisa mulai belajar trading saham dengan memahami teorinya. 

Semakin kecil biaya yang dikenakan, investor akan semakin diuntungkan. Nah, jika sudah mengetahui mengetahui jenis dan sekuritas apa yang akan dituju, Anda baru bisa menyiapkan dokumen-dokumen penting dan belajar saham. 

5. Menentukan Tujuan Anda 

Tidak hanya offline, sekarang main saham sudah bisa dilakukan melalui aplikasi trading saham, loh! Nah, belajar saham pun bisa Anda lakukan melalui website. Setelah mengetahui beberapa jenis main saham, selanjutnya tentukan ingin menjadi trader ataupun investor.

Trader mempunyai sifat pencari keuntungan dari perhitungan selisih harga jual dikurangi harga beli, sedangkan investor adalah saat di mana Anda bisa menyimpan dana dalam waktu panjang ini. 

Caranya, Anda bisa sambil memperhatikan karakteristik tanam saham Anda dalam aplikasi investasi terpercaya aja. 

Kesimpulan

Untuk memperoleh keuntungan yang besar, tetapi dengan usaha yang maksimal. Meski terlihat mendatangkan keuntungan yang cukup besar, nyatanya bermain saham tidaklah semudah itu karena Anda akan berhadapan dengan data-data variabelnya. 

Supaya lebih mahir dalam berinvestasi atau menjual barang, Anda bisa menggunakan media sosial dan sering-sering belajar dari informasi sumber lain. Anda juga bisa mengunjungi konsultan supaya dapat membimbing Anda dari nol untuk belajar trading saham.