Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buat Trader Pemula, Belajar Trading dari Nol

Setelah mengetahui sudah banyak orang yang sukses menjadi seorang trader, pastinya membuat Anda tertarik dan ingin belajar trading dari nol. Tentu Anda harus paham dulu apa itu trading saham, cara kerjanya, dan cara mendapatkan keuntungan dari trading saham.

Halaman ini akan memandu Anda mengenai hal-hal yang perlu Anda pelajari sebagai trader pemula. Sebagai pemula Anda mungkin akan mengalami kesulitan di awal. Namun, setelah paham dan terbiasa trading saham menjadi mudah. 

Kenali Dulu Tentang Trading Saham

Trading saham adalah kegiatan jual beli saham di waktu yang singkat untuk mendulang profit sebanyak-banyaknya. Berbicara tentang perdagangan saham maka bahasan tidak akan jauh-jauh dari aktivitas pemantauan fluktuasi harga yang terjadi di pasar saham setiap harinya. 

Aktivitas seorang trader hanya memantau grafik fluktuasi harga saham dan melakukan prediksi atas naik turunnya harga saham. Pertimbangan mengenai jenis saham yang akan diperdagangkan juga penting. Anda mesti memilih saham yang dapat diperdagangkan untuk jangka pendek.  

Saham yang cocok setidaknya harus memenuhi tiga kriteria berikut:

  • Saham dengan tingkat volatilitas tinggi dan tersedia di pasar saham.

  • Saham yang masuk kategori atau masuk dalam indeks saham tertentu.

  • Volume saham yang menunjukkan jumlah transaksi saham harian.

Cara Belajar Trading Saham

Mempelajari trading saham bisa Anda lakukan secara pasif maupun aktif. Belajar trading saham pasif yang dimaksud yaitu belajar dari berbagai referensi yang membahas trading saham. 

Seperti belajar dari buku panduan trading yang banyak tersedia di toko buku. Bisa juga Anda download versi PDF melalui pembelian e-book secara online.

Setelah tahu konsep dan teori dasar mengenai trading Anda bisa lanjut dengan belajar aktif menggunakan akun demo. Belajar trading dari nol Anda bisa mengasah kemampuan trading pada produk keuangan. Anda bisa belajar otodidak secara mandiri atau bisa juga meminta bantuan pendampingan pada komunitas traders.

Belajar trading dari nol, Anda perlu mempelajari money management hingga metode analisis. Money management berkaitan dengan perhitungan modal, target profit, dan perhitungan loss maksimal untuk setiap periode perdagangan saham. Memahami money management dengan baik akan meminimalisir kerugian seorang trader.

Selanjutnya Anda juga perlu memahami strategi trading yang diantaranya yaitu:

  • Scalping. Strategi dimana trader membuka dan menutup posisi dengan cepat di momentum yang tepat.

  • Day trading. Trader melakukan buy dan sell pada hari yang sama sebelum waktu trading yang singkat habis. 

  • Swing trading. Trader menahan posisi trading pada hari yang sama atau bisa juga selama beberapa hari ke depan. 

  • Position trading. Trader menahan posisi untuk waktu yang lama setelah melakukan analisis mendalam dan rinci.

  • Contrarian trading. Trader yang tidak mengikuti arus dan memilih melawan arah dengan berharap terjadi pembalikan harga.

  • Sideways trading. Trader mengoptimalkan kondisi entry dan take profit dalam range singkat.

Satu hal lagi yang juga penting dipahami trader pemula yaitu metode analisis teknikal. Metode ini digunakan untuk menjawab pertanyaan mengenai saham mana yang memiliki potensi besar untuk naik.

Analisis pergerakan saham ini menggunakan volume transaksi dan grafik historis. Dengan analisis teknikal, trader bisa mengidentifikasi saham mana saja yang akan menguat dan yang akan melemah.

Belajar trading dari nol bisa Anda lakukan secara pasif dan aktif. Tentunya konsep-konsep dasar trading yang Anda kuasai tidak berguna jika tidak didukung praktek trading langsung dengan akun demo. Perdalam pemahaman dan pengalaman Anda terkait trading online sebelum terjun ke dunia trading.