Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Tips dan Cara Menjadi Trader Pemula

Bermain saham saat ini menjadi satu hal yang sangat digandrungi oleh masyarakat. Saham juga termasuk dalam produk yang ada di pasar modal yang populer. Lalu, bagaimana cara menjadi trader pemula?

Alasan Trading Saham Banyak Dipilih

Trading saham menjadi salah satu pilihan masyarakat dalam mencoba dunia trading. Ada banyak alasan yang mempengaruhinya. Salah satunya yaitu keuntungan besar yang didapatkan.

Trading saham juga memiliki jangka waktu yang tidak terlalu panjang, sehingga cepat terasa keuntungan yang diperoleh. Selain itu, bila kamu menguasai teknik trading saham, maka keuntungan yang kamu peroleh bisa berlipat-lipat.

Namun, sebelum bisa mendapatkan semua keuntungan tersebut, kamu harus menjadi seorang trader terlebih dahulu. Terutama sebagai seorang trader saham handal di bidangnya. Itulah keuntungan bermain trading saham.

Cara Menjadi Trader Pemula

Ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk bisa bermain trading saham. Terutama bagi kamu yang masih seorang pemula. Nah, simak tips-tips berikut ini.

1. Belajar tentang Saham

Langkah awal belajar trading yaitu dengan mempelajari berbagai hal seputar dunia trading saham. Kamu harus belajar tentang untung rugi dalam trading saham, risiko, dan jenis-jenisnya. 

Selain itu, kamu juga perlu memahami berbagai istilah di dalamnya. Dengan memahami istilah-istilah terkait, kamu tidak akan mudah bingung.

2. Tidak Salah Pilih Perusahaan Sekuritas

Perusahaan sekuritas yaitu perusahaan perantara yang menjadi perantara dalam jual beli saham. Mereka ini juga disebut sebagai broker. Kamu tidak boleh keliru dalam memilih broker. Pilihlah perusahaan sekuritas yang persentase harganya rendah.

3. Membuka Rekening

Langkah selanjutnya adalah membuka rekening efek. Kamu bisa membukanya dengan mengisi formulir online yang ada di perusahaan sekuritas. Namun, kamu juga bisa langsung datang ke cabangnya.

4. Memilih Periode

Periode trading saham yang dipilih juga harus tepat. Bila kamu ingin mendapatkan keuntungan yang maksimal, kamu bisa memilih trading saham dalam jangka pendek. Namun, trading jenis ini juga memiliki risiko kerugian yang besar pula.

5. Indeks Saham yang Ditentukan

Bursa Efek Indonesia menyediakan 22 jenis indeks saham. Kamu bisa memilih di antara indeks saham tersebut. Tentunya kamu harus memilih yang mempunyai kualitas terbaik, seperti IDX30.

6. Mempelajari Online Trading

Belajar aplikasi online trading juga diperlukan. Kamu harus paham cara pengoperasiannya. Terutama bila kamu menggunakan aplikasi tersebut dalam bermain trading saham. 

Supaya tidak salah langkah, kamu bisa melihat berbagai tutorial maupun panduan yang disediakan dari berbagai sumber. Dengan begitu, kamu bisa lebih efektif dalam bermain trading.

7. Bermain dengan Modal Kecil Dulu

Bagi kamu yang seorang pemula, mengawali bermain trading akan lebih baik dilakukan dengan modal kecil dulu. Ini untuk meminimalisir peluang kerugian yang bisa saja terjadi. Meskipun, keuntungan yang diperoleh tidak akan terlalu besar.

Langkah awal ini bisa kamu manfaatkan sebagai tahap belajar awal. Setelah itu, kamu bisa mengatur langkah selanjutnya bila sudah paham alur bermainnya.

8. Membeli Saham Ketika Harga Turun

Saham turun harga bukanlah sesuatu yang buruk. Jadikan kesempatan ini untuk membeli saham tersebut. Dengan begitu, kamu tidak akan membelinya dengan harga mahal. 

Lalu, yang perlu diperhatikan adalah harga saham yang turun tidak selamanya buruk. Harga saham terus mengalami fluktuasi. Jadi, bisa sewaktu-waktu naik kembali.

9. Melakukan Analisis Terhadap Saham

Melakukan analisis terhadap harga saham adalah wajib. Dengan analisis yang kamu buat, kamu akan mengetahui waktu yang tepat untuk membeli dan menjual saham. Dengan begitu, kamu belajar untuk memperbesar peluang mendapat keuntungan.

10. Rajin Memantau Perkembangan Saham

Hal penting lainnya dari belajar trading adalah dengan rajin memantau perkembangan saham. Kamu bisa mengeceknya di bursa efek. Dengan rajin memantau perkembangan tersebut, kamu bisa mendapatkan saham yang dijual dengan harga yang sedang turun.

Itu dia beberapa poin penting terkait cara menjadi trader pemula. Dengan mengikuti tips di atas, kamu bisa memaksimalkan diri untuk menguasai trading saham. Nah, selamat mencoba bermain trading, semoga berhasil!