Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Cara Trading Saham Harian dengan Aman

Trading saham harian jadi pilihan para investor yang ingin mendapatkan profit lebih cepat. Walaupun keuntungan lebih cepat didapat tapi resikonya lebih tinggi sehingga perlu ekstra hati-hati untuk menghindari resiko kerugian. Cara trading saham harian pada artikel ini bisa memandu Anda.

Dengan waktu harian yang singkat, Anda perlu tahu cara beserta tips-tipsnya agar Anda mendulang keuntungan lebih besar. Penjelasan selengkapnya bisa langsung disimak di halaman ini.

Sekilas Tentang Trading Saham Harian

Trading saham harian populer di kalangan trader. Bahkan, banyak trader profesional lebih memilih trading saham harian untuk mendapatkan keuntungan yang lebih cepat. Sesuai namanya, jual beli saham dilakukan dalam kurun waktu satu hari. Jadi, tidak ada saham yang tersimpan lebih dari satu hari. 

Dalam melakukan day trading atau trading saham harian, trader menggunakan berita hingga kondisi ekonomi untuk memicu pergerakan harga saham. Karena waktu yang singkat, trading saham harian bergantung pada volatilitas yang tinggi atas suatu saham.

Walaupun target profit harian tidak sebesar trading jangka panjang, day trader dapat memperoleh keuntungan lebih cepat. Day trading tidak akan membuat Anda terlalu khawatir terkait pergantian posisi dalam semalam karena Anda membuka dan menutup trading di hari yang sama.

Cara Trading Saham Harian

Cara kerja trading saham harian terbilang tidak terlalu sulit. Anda hanya memanfaatkan pergerakan harga pasar di hari itu dan menyelesaikan trading juga di hari yang sama. Cara trading saham harian yaitu:

1. Melakukan Analisa Pasar

Karena day trader harus melakukan pembelian dan penjualan di hari yang sama. Maka, penting untuk melakukan analisa saham sebelum memutuskan untuk membeli saham. Anda perlu melihat daftar saham yang punya potensi membawa profit yang besar dalam sehari. 

Anda perlu melakukan pelacakan pada spot opportunities yang bisa saja muncul di jam tertentu. Ini mengapa untuk menjadi day trader, Anda harus meluangkan banyak waktu setiap harinya untuk melakukan trading. 

Selain itu, Anda juga perlu menentukan waktu terbaik untuk jual beli saham dalam kurun waktu satu hari. 

2. Jual - Beli Saham dalam Sehari

Anda bisa memulai trading saham dengan membeli saham pada pagi hari. Tentu saja pemilihan sahamnya harus tepat agar Anda bisa mendapatkan profit dalam waktu satu hari. 

Saat posisi harga saham Anda berada di posisi tertinggi saat siang atau sore harinya. Maka Anda bisa langsung mengakhiri trading dengan menjual saham hari itu juga dan memperoleh profit.

Agar peluang lebih besar, umumnya trader akan membeli beberapa saham yang sebelumnya telah dianalisa. Tentu Anda perlu money management untuk pengaturan modal pembelian saham. 

Untuk Anda yang pemula, Anda bisa memulai dengan modal yang kecil terlebih dahulu. Setelah Anda mahir, Anda bisa membeli saham dengan harga yang lebih tinggi.

3. Menggunakan Prinsip Buy and Sell

Prinsip buy and sell jadi strategi trading  yang dipakai dalam trading saham harian. Strategi ini mengharuskan trader membeli saham saat harganya rendah atau murah kemudian menjual saham saat harga lebih tinggi dari harga pembelian. Tentunya buy and sell dilakukan pada hari yang sama.

Cara trading saham harian di atas akan membantu Anda dalam memulai karir sebagai day trader. Perlu diingat bahwa walaupun profit trading harian lebih cepat didapatkan tapi Anda juga perlu mempertimbangkan segala risiko yang bisa terjadi.